sewa kipas angin blower Jakarta Selatan

DIY Cara Membuat Kipas Angin Blower Botol Bekas dalam 15 Menit

sewa kipas angin blower Jakarta SelatanSewa Kipas Angin Blower Jakarta Selatan – Ketika masuk musim kemarau, suhu udara di Indonesia cukup panas dirasakan. Anda memerlukan kipas untuk mengatasinya. Daripada beli kipas angin blower yang harganya lumayan, sebaiknya Anda membuatnya sendiri.

Cara Membuat Kipas Angin Blower

Anda Hanya Memiliki Kipas Angin Biasa? Tidak apa-apa. Justru dengan kipas angin itulah kita bisa memanfaatkannya. Karena kalau Anda sudah mempunyai kipas angin blower ya tidak perlu membuatnya kan? Ketika memutuskan untuk membuat kipas angin blower sendiri, Anda membutuhkan dua hal, bahan-bahan dan peralatan pendukung. Kami memberikan penjelasan mengenai hal-hal tersebut di bawah ini.

Bahan dan Peralatan Pendukung

  1. Bahan-bahan:
  • Kipas angin biasa – jenis apapun yang Anda miliki
  • Dua buah bekas botol minuman softdrink ukuran besar (isinya diminum terlebih dulu)
  1. Peralatan pendukung:
  • Cutter atau silet
  • Kabel ties
  • Tali rafia
  • Solder atau paku dipanaskan juga bisa

Tahap-tahap Pembuatan

Setelah Anda menyiapkan bahan-bahan dan peralatan pendukung, Anda bisa langsung membuatnya. Berikut ini tahap-tahap pembuatannya.

  1. Potong bagian bawah botol bekas memakai cutter atau silet. Jangan sampai putus, karena ini akan dimanfaatkan sebagai penutup.
  2. Buat lubang-lubang kecil untuk ventilasi memakai solder atau paku yang dipanaskan di bagian bawah botol. Tidak perlu terlalu banyak. Sebaiknya Anda berhati-hati pada tahap ini, karena bisa saja solder atau paku yang dipanaskan mengenai kulit.
  3. Buat cangkolan di botol agar bisa dipasang di belakang kipas angin. Anda bisa membuatnya dari kawat, atau bahan lainnya yang penting botol tidak jatuh.
  4. Siap digunakan.

Tes Hasil Kipas Angin Blower

Setelah selesai membuatnya, Anda sebaiknya menjajalnya. Tidak perlu ragu. Hasil kipas angin blower buatan Anda sendiri akan aman digunakan.

Cara menjajalnya, Anda bisa memasukkan air, es batu, dan garam tapi tidak melebihi lubang-lubang ventilasi. Kemudian, nyalakan kipas angin Anda. Hawa sejuk akan terhembuskan dari kipas. Lakukan pengisian ulang jika es sudah mencair dan tidak dingin lagi.

Hal yang perlu Anda ketahui dalam kipas angin blower ini adalah air tidak menyembur keluar, karena tidak ada mesinnya. Hanya uap dingin yang dihembuskan keluar. Ketika ingin melakukan pengisian ulang, Anda perlu membuang airnya dan mengisinya lagi.

Tentu saja, cara ini hanya bisa digunakan untuk membuat kipas angin blower rumahan. Anda perlu membuat tangki yang lebih besar dan mesin yang mampu menyedot itu jika berpikir untuk bisa membuat usaha jasa sewa kipas angin blower Jakarta Selatan. Atau lebih mudahnya membeli yang sudah jadi saja. Toh, kipas angin blower yang Anda miliki ditujukan untuk bisnis sewa kipas angin, AC portable, dan genset.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top