Mendulang Rupiah dari Hembusan Kipas Angin

usaha sewa kipas anginBanyak peluang bisnis semakin terbuka dewasa ini. Banyak segmentasi kebutuhan masyarakat yang bisa dieksplorasi untuk menemukan celah peluang bisnis di berbagai bidang. Salah satu bidang yang tidak akan pernah surut peminat adalah pesta pernikahan. Banyak sub bidang di sektor pernikahan yang sudah banyak digeluti oleh wirausaha seperti jasa Wedding Organizer, Catering, Make Up, Persewaan baju pengantin, dan dekorasi. Namun masih ada celah yang bisa dilirik dari bisnis ini. Jasa persewaan pendingin ruangan menjadi salah satu bidang yang sedang naik daun belakangan. Usaha sewa kipas angin menjadi hal sederhana namun penting saat ini.

Dalam sebuah kota atau daerah, jumlah gedung atau lokasi yang tersedia untuk hajatan pernikahan tentu sangat terbatas dibanding jumlah pengantin yang mengadakan pesta pernikahan. Oleh karena itu, banyak yang akhirnya memilih mengadakan pesta di lahan atau halaman rumah dengan menambahkan tenda pesta. Ada pula yang mengubah fungsi gedung yang tidak umum sebagai tempat resepsi pernikahan seperti balai desa atau gedung olah raga. Tempat-tempat tersebut tentunya memiliki banyak kekurangan untuk menjadi tempat yang layak bagi sebuah pesta. Salah satu permasalahan yang umum ditemui adalah keluhan mengenai tempat pesta yang panas dan kurang nyaman karena umumnya tempat-tempat tersebut tidak menyediakan pendingin ruangan.

Untuk mengatasi hal tersebut, penyelenggara acara biasanya memilih untuk sewa kipas angin atau pendingin ruangan duduk. Belum banyak persewaan tenda dan alat pesta menyediakan kipas angin maupun AC sebagai alternatif pendingin ruangan atau tenda pesta. Hal ini tentu saja menjadi salah satu peluang usaha yang menggiurkan. Usaha sewa kipas angin bisa menghembuskan pundi-pundi rupiah bagi anda yang mau menjalani usaha ini.

Modal usaha yang anda butuhkan hanya menyediakan kipas angin untuk tenda pesta seperti blower maupun kipas angin kabut yang memiliki tambahan tabung air untuk memberi kesejukan di lokasi pesta. Harga untuk setiap unit kipas angin ini berkisar antara 1,5-3 juta tergantung diameter kipas dan mereknya. Sebagai permulaan, sediakan 3-6 unit kipas untuk memulai usaha anda. Tentu saja anda perlu menambahkan jumlahnya setelah pasar anda terbentuk dan usaha sewa kipas angin anda berjalan lancar.

Untuk pemasaran usaha anda, tentu anda harus memperluas jaringan dengan mendekati pihak-pihak yang bergelut dibidang pesta pernikahan seperti WO, salon, persewaan tenda, dan fotografer. Tidak ada salahnya untuk memulai usaha dengan berbagi hasil. Anda juga bisa memulai dari kenalan-kenalan dan saudara anda yang ingin mengadakan pesta. Manfaatkan pula sosial media untuk menjual produk yang anda sewakan. Pastikan pula anda menyediakan flyer, brosur, dan kartu nama agar orang mudah mencari anda.

Untuk tarif, anda bisa menentukan sendiri tergantung pasaran di sekitar lokasi usaha anda. Umumnya harga sewa sebuah kipas angin kabut antara 300-500 ribu per unit. Anda bisa menghitung sendiri dengan kebutuhan biaya lain seperti transportasi dan pekerja bila anda membutuhkannya. Dengan segmentasi pasar yang luas dan tidak pernah sepi peminat, usaha sewa kipas angin menjadi sebuah usaha yang menjanjikan.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply